Home » » Yuk Jadi Penyiar Radio !!!

Yuk Jadi Penyiar Radio !!!

Written By Unknown on Khamis, 3 Mei 2012 | 8:57 PTG

Sering saya temukan kejanggalan saat siaran, saat saya tidak tahu, saya menyangka siaran itu rumit, ternyata ga sebegitu rumit yang saya fikirkan, berikut uraian dari saya. 
Seorang radio atau penyiar Radio adalah salah satu dari sekian banyak yang disebut publik figur, yang artinya, selalu jadi sorotan atau fokus publik atau masyarakat banyak, sehingga tidak ada hal yang bisa diremehkan ketika kita ingin jadi seorang penyiar, terutama dalam hal berbicara, berikut saya kasih beberapa tips dasar siaran radio yang mungkin bisa anda praktekan sendiri :

1.      Kualitas Suara
Sebelum berfikir untuk jadi seorang penyiar radio, ada baiknya kita survei atau cek dulu seberapa kuat atau seberapa bagus kualitas suara kita, karena seorang penyiar itu yang paling di perhatikan adalah suaranya, bukan penampilannya kecuali memang video streaming, itu lain lagi urusannya. Nyaman tidaknya pendengar terhadap kita yaitu tergantung suara kita.

2.      Artikulasi
Yang sudah pernah mengikuti latihan vokal pasti tahu yang satu ini, yaps, Artikulasi adalah kejelasan hurup-hurup yang kita ucapkan atau kita lafalkan, Misalnya mengucapkan hurup A jangan sampai terdengar AEU (dibaca:eu), dan yang lebih fatal biasanya pada hurup T, karena saya sering dengar dari beberapa orang yang mengucapkan kata yang ada hurup T nya, mereka cendenrung menyebut seperti hurup TCE (dibaca:Ce) dan itu akan bisa membuat pendengar tidak mengerti dengan apa yang kita ucapkan, walaupun mungkin ada beberapa pendengar.

3.      Nada Bicara/Intonasi
Nah, yang 2 ini mungkin sangat berhubungan erat menurut saya, karena misalkan saya ambilo contoh, seorang penyiar yang berbicara dengan nada yang terlalu keras tidak sedikit yang di kritik dan tidak disukai pendengar, tentu anda tidak mau kan hal itu terjadi? Jadi jalan lurusnya dalah fahami tentang Fill, yaitu perasaan, ka rena bicara pun harus dengan perasaan, nah apa hubungannya dengan intonasi, tentu sangat erat, karena intonasi itu bagian dari nada bicara dan fill. So, kita harus bisa mengatur semuanya itu dengan menggunakan perasaan.

4.      Posisi Duduk
Cmiw, untuk menghasilkan suara yang memiliki intonasi yang bisa dimengerti oleh orang banyak, jangan duduk terlalu membungkuk, karena akan menahan perut dan posisi perut akan terasa sesak dan terlipat, sehingga suara kita akan tertahan, gunakan posisi duduk  tegak, karena dengan posisi duduk yang tegak, tubuh akan terasa lebih relaks dan pernafasan pun teratur.

5.      Pernafasan
Ini juga harus diperhatikan, misalkan kita siaran, tidak boleh ada semacam nafas terengah-engah, atur prnafasan dengan cara berolahraga dan berlatih vocal, bias sendiri ko, ga usah di bombing ya, hehehe.
6.      Bahasan Topik Pada Saat Siaran
Dikota-kota besar seperti  Jakarta, bandung, jogja, dll biasanya penyiar itu di kasih script untuk siaran pada saat itu, dan kita harus bisa memahami topik yang akan di bawakan pada saat kita akan siaran, jangan sampai diomelin atasan yak, hehehe.

7.      Niat
Harusnya kan di awal ya, hehehe sengaja supaya kalian paham dulu apa itu Siaran Radio, jadi setelah tahu semuanya baru deh niatin mau atau tidak jadi seorang penyiar, jika ingin sukses berangkat dari niat dan kerja keras dan tentunya harus focus.

Mungkin segitu dulu tentang Tips Siaran Radio yang pertama, saya pun pemula, jika ada tambahan dari yang lain silahkan komen aja di bawahnya ya, see u next post, bye…

0 ulasan:

Catat Ulasan

Indie Radio Online

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS