Home » » Apa Sih Siaran Radio?

Apa Sih Siaran Radio?

Written By Unknown on Khamis, 3 Mei 2012 | 8:55 PTG

Selamat Pagi Sahabat Sekar Bagus, Sengaja pagi ini saya posting untuk menyemangati pagi hari sambil nunggu Time Signal, Hehehe.
Gak tahu dari mana datangnya ide ini, karena tiba-tiba saya terhenyak untuk menggoyangkan jari-jemari saya di pagi hari ini, ya itung-itung sambil olahraga pagi lah, karena biar pun hanya sebagian dari tubuh kita yang bergerak, itu bisa disebut olahraga, "Heyyyy lari pagi", sambil ditenteng aja radio nya ya Sahabat, kemana pun pergi nya harus disertai dengan radio, supaya bisa dengerin "Sekar Bagus FM Bayah" terus, Go On.

Baiklah, pagi ini saya hanya ingin bebagi ilmu dengan para Sahabat Sekar Bagus semuanya yang membaca artikel ini dan tanpa sengaja nyasar kesini, bahasan kali ini adalah "Apa Sih Siaran Radio?".
Mungkin pertanyaan itu nyangkut di fikiran Sahabat semunanya, karena bagi orang yang pertama kali dengerin radio ataupun siaran, rata-rata dari mereka kurang paham tentang hal ini, mungkin sedikit penjelasan dari saya, karena saya juga masih belajar, Hehehe.

Siaran kalau di jabarkan atau di artikan dari bahasa arab itu berasal dari kata "Siar/Si'ar" yang artinya kurang lebih "Menyampaikan", nah, sudah ada gambaran belum? Kalau belum, saya akan menjelaskannya lagi, mungkin Sahabat pernah lihat orang yang ceramah, pidato, pengumuman, atau mungkin yang lainnya. Nah, gambaran kecil nya seperti itu, tapi ada sedikit perbedaan, mungkin dari segi tempat, sarana dan pra-sarana, dll. Nah mungkin kalo perbedaan dari segi tempat yang paling menonjol, karena umumnya siaran radio itu di dalam ruangan, walaupun ada sebagian yang di luar ruangan, misalkan saat meliput langsung tentang suatu kejadian dll.

Siaran radio itu tidak sulit, tapi juga tidak mudah, kenapa saya katakan seperti itu? karena bila dikatakan sulit, ini tidak terlalu sulit, karena hanya berbicara saja, dan dibutuhkan sedikit akting (dalam segi berbicara) terus kenapa saya katakan tidak mudah ini jawaban dari pertanyaan diatas, darimana kita akan dapat pembahasan dan materi siaran, apa yang akan dibawakan nanti pas Sahabat siaran? dan ini tentu sangat perlu difikirkan sebelum akhirnya memutuskan untuk terjun atau berada di dunia Broadcast/Announcer, saya sarankan Sahabat fikirkan dulu hal itu matang-matang, atau jika sudah terlanjur, ya tinggal dilanjutkan dan memikirkan juga untuk apa Sahabat harus siaran radio atau jadi penyiar radio.

Saya pernah sewaktu masih belajar siaran di marahin sama penyiar senior karena saya terlalu banyak diam, 5% untuk saya tetap berada didunia Announcer pada saat itu, tapi dengan perjuangan dan kerja keras, akhirnya sedikit demi sedikit saya bisa menjadi seperti ini, walaupun tidak sedikit orang yang mempertanyakan kenapa saya begitu yakin didunia Announcer ini, saya hanya menjawab, "Sampai kapanpu yang namanya hobby, ya gak akan pernah bisa dibuang atau dilupakan begitu saja", sekecil apapun keksempatan kita dalam melakukan sesuatu hal, itu akan sangat besar dampaknya untuk kehidupan kita nantinya, semoga pencerahan diatas bisa bermanfaat untuk kita semua, Amien.
Jangan patah semangat untuk terus mengejar cita-citamu, walaupun setinggi bintang di angkasa, bukan hal yang mustahil jika kita bisa melakukannya dan mencapai semua itu.
Terima Kasih sudah berkenan membaca artikel sederhana ini, mudah-mudahan lain waktu saya posting lagi yang lainnya, salam hangat selalu untuk Sahabat Sekar Bagus, Take your dream.

0 ulasan:

Catat Ulasan

Indie Radio Online

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS